Home » Pengertian, Jenis, dan Manfaat Dari Olahraga Kardio, Yuk Ketahui!
Gaya Hidup

Pengertian, Jenis, dan Manfaat Dari Olahraga Kardio, Yuk Ketahui!

Kardiovaskular atau olahraga kardio adalah rangkaian aktivitas fisik yang bisa membantu meningkatkan kekuatan paru – paru serta jantung. Jadi selama berolahraga kardio, organ pernapasan kalian akan dilatih untuk bernapas lebih cepat serta lebih dalam.

Kondisi ini juga memungkinkan untuk mneingkatkan kadar oksigen di dalam darah yang bisa membantu kalian dalam memanfaatkan oksigen dengan efisien. Saat melakukan kardio, maka paru – paru, jantung, serta pembuluh darah kita akan secara efisien mengirimkan oksigen dalam jumlah banyak ke seluruh bagian tubuh. Karena itulah kita akan merasa lebih berenergi dan tak cepat lelah.

Peningkatan kadar oksigen dalam sel seta jaringan tubuh juga bisa memproses dengan cepat pembakaran cadangan lemak sehingga membantu kalian dalam menurunkan berat badan kalian. Latihan kardio juga bisa dilakukan oleh siapa saja.

Selain itu, kalian juga bisa melakukannya di mana saja baik melakukan olahraga kardio di rumah maupun di taman dekat rumah kalian karena bisa diselesaikan dalam waktu singkat. Namun, kalian tetap harus rutin melakukannya.

Selain itu, olahraga ini juga tak boleh dilakukan terlalu lama karena bisa memberikan dampak tak baik untuk kesehatan tubuh. Untuk menghindari kondisi itu, kalian perlu beristirahat atau menyelinginya dengan aktivitas fisik lain seperti strength training atau latihan kekuatan untuk meningkatkan massa otot.

Manfaat Olahraga Kardio

Manfaat Olahraga Kardio

Olahraga kardio memang sangat memberikan pengaruh kepada kesehatan organ jantung, pembuluh darah, serta paru – paru. Aktivitas ini juga punya manfaat lain untuk kebugaran tubuh seperti:

  • Meningkatkan stamina
  • Membantu menurunkan berat badan dan mempertahankannya jika dikombinasikan dengan diet sehat dan seimbang
  • Meningkatkan kebugaran tubuh
  • Mengontrol kadar gula darah
  • Meningkatkan kebugaran jantung, otot, paru – paru, dan tulang
  • Membantu mengelola sejumlah kondisi kesehatan
  • Meningkatkan suasana hati
  • Mengaktifkan sistem kekebalan tubuh
  • Meningkatkan kualitas tidur
  • Mengurangi berbagai risiko penyakit kronis
  • Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)
  • Menurunkan tekanan darah
  • Meningkatkan sifat antioksidan dan anti inflamasi dari HDL

Jenis Olahraga Kardio

Jenis Olahraga Kardio

Latihan kardio mengutamakan pernapasan. Karena itulah melakukannya di luar ruangan akan lebih baik karena kalian bisa mendapatkan udara yang segar, selain itu, beraktivitas di bawah sinar matahari juga membuat tubuh jadi lebih mudah berkeringat. Contoh olahraga kardio adalah:

  • Mountain Climbers: Gerakan satu ini dimulai dari posisi plank dengan tubuh yang bertumpu pada kedua lengan dan kaki. Lalu tekuk lutut kanan ke depan dada dan lakukan gerakan ini pada lutut kiri bergantian. Lakukan selama 30 – 60 detik.
  • Jogging: Jogging atau lari santai merupakan aktivitas fisik yang murah dan mudah untuk dilakukan. Kalian cukup memakai pakaian santai serta sepatu lari saja lalu berlari santai mengelilingi komplek rumah. Kalian bisa membakar lemak tubuh dengan cara ini. Lebih baik jogging selama lebih dari 30 menit dengan intensitas rendah.
  • Burnpees: Adalah olahraga yang memadukan berbagai gerakan latihan kekuatan seperti lompat, squat, plank, sampai push up. Bagi kalian yang mau menurunkan berat badan, burpees bisa membakar lebih dari 100 kalori hanya dalam 10 menit latihan.
  • Bersepeda: Kalau tak kuat berlari, bersepeda juga bisa menjadi latihan alternatif untuk menjaga kebugaran jantung serta paru – paru. Ada banyak manfaat bersepeda mulai dari mengendalikan berat badan, mencegah risiko penyakit kronis, hingga meningkatkan keseimbangan dan koordinasi tubuh.
  • Jump Rope: Jump Rope atau lompat tali juga dikenal dengan skipping. Olahraga ini bisa kalian lakukan secara sederhana dengan atau tanpa alat bantu. Posisikan tangan kalian di samping pinggang lalu melompat secara berirama sambil mengayunkan kedua tangan.
  • Berenang: Berenang menduduki peringkat teratas dalam urusan pembakaran kalori dalam waktu singkat jika dibandingkan dengan jogging dan bersepeda. Teknik renang seperti gaya kupu – kupu juga terbukti lebih ampun menurunkan berat badan jika dibandingkan dengan gaya renang lain.
  • Skaters: Skaters merupakan gerakan yang mirip dengan gerakan sepatu roda dimana gerakannya dimulai dengan berdiri tegak lalu kaki dibuka selebar pinggul. Lalu lompatkan le sisi kanan dan mendarat dengan kaki kanan sambil lutut kiri menekuk lurus. Lalu lompat le sisi kiri dengan gerakan berlawanan.

Menurut sebuah penelitian, orang dewasa membutuhkan aktivitas fisik selama 150 menit per minggu. Kalian bisa mencicilnya dengan meluangkan 30 menit per hari selama 5 kali dalam seminggu. Jika 30 menit terasa berat, kalian masih bisa memecahnya lagi di hari tersebut. Pastikan kalian lakukan pemanasan dan pendinginan saat olahraga ya. Semoga bermanfaat.