Home » Yuk Kenali 5 Jenis Love Language, Milikmu Yang Mana?
Relationship

Yuk Kenali 5 Jenis Love Language, Milikmu Yang Mana?

Kita mungkin sering kali mendengar istilah love language namun beberapa dari kita mungkin masih bingung, apa sebenarnya arti dari “bahasa cinta” itu. Love language adalah cara bagi seseorang untuk mengekspresikan rasa cintanya kepada orang lain.

Hal ini gak selalu tentang hubungan yang romantis tapi juga bisa diterapkan ke berbagai hubungan lain. Jika lova language tak didapatkan atau tak disampaikan dengan pas, maka seseorang bisa saha tidak merasa dicintai dengan baik.

Karena itulah, sangat penting bagi kita untuk paham tentang bahasa cinta diri kita serta orang yang kita cintai. Tentu saja supaya hubungan jadi awet dan hubungan jadi lebih sehat. Siapa sih yang tak mendambakan hubungan seperti itu?

Lalu, sekarang ini kita mengenal ada 5 love language dengan macam – macam keunikkan. Apa saja sih love language tersebut? Yuk simak di bawah.

1. Acts of Service

Acts of Service

Acst of Service bisa dibilang merupakan love language yang lebih ke arah talk less do more. Jadi, kata – kata seperti I love you bukanlah hal yang terlalu berarti untuk kalian. Atau kasarnya, jangan Cuma ngomong saja.

Bagaimana perlakuan pasangan kalian ke kalian merupakan hal yang paling penting. Mulai dari hal yang kecil sampai dengan hal yang besar sekalipun. Dengan begitu, kalian nantinya akan lebih merasa dicintai dengan baik oleh pasangan kalian.

Misalnya kalian senang saat pasangan kalian nganterin kalian pulang ke rumah. Karena mungkin pasangan kalian mau memastikan bahwa kalian selamat sampai rumah. Dengan begitu, kalian akan merasa dicintai dengan sepenuh hati olehnya. Dan juga bisa memupuk lebih rasa cinta kalian.

2. Words of Affirmation

Words of Affirmation

Bahasa cinta yang satu ini merupakan gaya berpacaran untuk kalian yang sering mendengarkan kalimat – kalimat yang positif seperti pujian, apresiasi, atau kalimat yang mengekspresikan rasa bangga, sayang, serta selalu ada untuk pasangannya.

Kalimat ini bisa jadi dasar keyakinan kalau pasangan kalian benar – benar sayang dengan kalian. Kalimat seperti “Aku bangga sama kamu” adalah kata – kata yang selalu ditunggu oleh orang dengan love language ini.

Karena, dengan hal itu mereka akan merasa di apresiasi dengan usaha mereka. Mungkin ini terdengar sedikit klise, tapi sebetulnya tak ada yang salah kan dengan jenis love language yang satu ini? Apalagi, bicara bukanlah hal yang sulit dilakukan.

3. Quality Time

Quality Time

Untuk kalian yang suka menikmati waktu bersama dengan orang tercinta, bisa dibilang kalian punya bahasa cinta Quality time. Model berpacaran yang satu ini berfokus kepada kualitas waktu yang dijabiskan bersama pasangan.

Jadi, walaupun bertemu 24 jam namun hanya bermain gadget, itu tidak termasuk ke dalam quality time mereka. Habiskanlah waktu bersama pasangan tanpa ada gadget di antara kalian. Quality lebih besar daripada quantity. Jadi, percuma kalian bertemu setiap hari tapi hanya diam saja dan bermain hp.

Dengan begitu, rasa cinta kalian akan lebih terpenuhi karena bisa menghabiskan waktu bersama orang tercinta. Komunikasi adalah hal yang sangat krusial untuk kalian yang punya love language quality time. Saat bersama pasangan kalian bisa berbagi hal yang kalian alami di hari itu.

4. Physical Touch

Physical Touch

Bahasa yang satu ini bukan berarti kalian harus selalu melakukan sentuhan seperti terus berpelukan sepanjang waktu atau melakukan hal – hal yang negatif. Namun, lebih ke bentuk afeksi pasangan kalian kepada diri kalian.

Misalnya seperti duduk berdekatan dengan dirinya, memeluk tulus dirinya, sampai menggenggam tangannya saat sedang berjalan di mall. Hal – hal kecil seperti itu akan membuat mereka dicintai sepenuh hati oleh kita.

Jadi, kalau kamu atau pasanganmu punya love language ini, jangan lupa untuk selalu sediakan waktu memeluk mereka atau melakukan hal – hal kecil lainnya ya. Menepuk pundaknya saat sedang sedih juga merupakan love language dari physical touch loh!

5. Receiving Gifts

Receiving Gifts

Receiving gifts sebenarnya bukan melulu mengenai pemberian kado yang mahal. Tapi lebih ke arah makna dari pemberian kado itu. Untuk kalian yang punya bahasa cinta ini, kalian mungkin akan merasa bahwa kado ini sebagai bentuk kasih sayang yang diberikan oleh pasangan.

Misalnya seperti pasangan kalian membelikan kalian baju baru. Kalian tak peduli berapa harga dari baju itu. Mau murah artau mahal pun, yang penting doi betul – betul ikhlas serta tulus saat memberi dan membelikan kalian.

Selain itu, ada juga makna tersendiri untuk kalian dari pemberian itu. Jadi, kalau kalian suka diberikan hadiah kecil walaupun hanya sepucuk surat yang membuat kalian tersenyum saat membacanya pun, artinya love language kalian adalah receiving gifts.

Itulah 5 love language yang sampai sekarang kita kenal. Kalau love language kamu dan pasangan berbeda, bukan berarti kalian tak cocok dengan dia. Karena, kalian bisa mengkomunikasikannya dengan mereka supaya saling bisa menunjukkan rasa sayang kalian dengan maksimal. Kalau kalian belum tahu apa bahasa cinta kalian, kalian bisa mengikuti tes love language yang sudah banyak beredar di internet. Semoga bermanfaat.