Home » 3 Kebutuhan Anak Mendasar Yang Semua Orang Tua Harus Penuhi!
Parenting

3 Kebutuhan Anak Mendasar Yang Semua Orang Tua Harus Penuhi!

Pertumbuhan serta perkembangan buah hati memang selalu menjadi perhatian dari semua orang tua. Pertumbuhan sendiri adalah salah satu proses perkembangan karena proses pertumbuhan individu pasti akan selalu mengikuti proses perkembangan.

Tiap anak juga tak akan bisa melewati satu tahap perkembangan sebelum mereka melewati tahap sebelumnya. Menurutnya, proses tumbuh kembang setiap anak wajib berjalan dengan optimal serta tak lepas dari 3 kebutuhan dasar yaitu Asuh, Asih, dan Asah.

Tiap pertumbuhan anak pun di sertai dengan perubahan fungsi. Misalnya perkembangan intelegensia kepada seorang anak yang akan menyertai pertumbuhan otak serta serbut saraf. Pertumbuhan serta perkembangan di tahapan awal akan menentukan perkembangan anak selanjutnya.

Lalu, apa saja sih 3 kebutuhan dasar yang di butuhkan oleh anak? Yuk simak di bawah ini.

1. Asuh (Kebutuhan Fisik sampai Biologis)  

kebutuhan anak

Asuh sendiri menyangkut kebutuhan anak mengenai asupan gizi selama mereka sedang berada di dalam kandungan dan sesudahnya, kebutuhan akan tempat tinggal, pakaian aman dan layak, perawatan kesehatan dini seperti imunisasi dan intervensi diri akan timbulnya gejala penyakit.

Nutrisi harus di penuhi sejak anak masih di dalam rahim. Kalian harus memberikan nutrisi yang seimbang lewat konsumsi makanan yang bergizi serta menu yang seimbang, air susu ibu atau ASI adalah nutrisi pertama yang paling lengkap serta paling seimbang untuk bayi terutama di 6 bulan pertama (ASI Eksklusif).

Setelah itu, anak perlu di berikan imunisasi dasar yang lengkap supaya mereka terlindungi dari berbagai penyakit. Kebersihan seperti kebersihan makanan, minuman, pakaian, udara, rumah, tempat bermain, sekolah, sampai transportasi juga perlu di perhatikan.

Lalu untuk bermain dan aktivitas fisik serta tidur juga harus di penuhi. Karena, hal ini bisa merangsang hormon pertumbuhan mereka, nafsu makan, metabolisme karbohidrat, lemak, protein, pertumbuhan otot dan tulang, hingga perkembangan.

Anak juga wajib di pantau atau di periksa kesehatannya secara teratur. Penimbangan anak minimal 8 kali dalam setahun dan di lakukan SDIDTK minimal 2 kali setahun. Pemberian kapsul vitamin A dengan dosis yang tinggi setiap bulan Februari dan juga bulan Agustus.

Tujuan pemantauan yang teratur ini adalah supaya orangtua bisa tahu lebih dulu dan bisa menanggulangi jika ada penyakit dan juga bisa memantau pertumbuhan dan perkembangan anak.

2. Asih (Kebutuhan Kasih Sayang)

kebutuhan anak sd

Di tahun – tahun pertama kehidupan mereka, bahkan semenjak masih di dalam kandungan, mereka memang memiliki kebutuhan dasar anak mulai dari ikatan yang erat, serasi, dan juga selaras dengan ibunya agar menjamin tumbuh kembang fisik mental serta psikologis anak. Caranya adalah dengan:

  • Di bantu, di dorong atau di motivasi, dan di hargai
  • Ciptakan rasa aman dan nyaman agar anak merasa di lindungi
  • Berikan contoh bukan dengan cara di paksa
  • Memuji anak atas hal – hal yang pantas di puji
  • Didik dengan penuh kegembiraan, lakukan koreksi dengan kegembiraan serta kasih sayang, bukan ancaman atau hukuman
  • Perhatikan minat, keinginan, serta pendapat mereka

3. Asah (Kebutuhan Stimulasi)

kebutuhan anak sekolah

Asah adalah kebutuhan dasar anak dan bisa di dapatkan di sekolah. Anak memang perlu stimulasi sejak dini untuk mengembangkan diri sedini mungkin mulai dari kemampuan sensorik, motorik, emosi sosial, bicara, kognitif, mandiri, kreativitas, kepemimpinan, moral, sampai dengan spiritual anak. Dasar stimulasi tersebut adalah:

  • Miliyaran sel di bentuk semenjak anak masih ada di dalam kandungan usia 6 bulan serta belum ada hubungan antar sel – sel otak atau sinaps
  • Orang tua harus merangsang hubungan antar sel – sel otak
  • Kalau ada rangsangan maka akan terbentuk hubungan baru atau sinaps
  • Makin sering di rangsang maka akan making kuat hubungan antar sel otak
  • Makin banyak variasi maka hubungan antar sel otak makin luas atau kompleks
  • Merangsang otak kiri dan kanan secara seimbang untuk mengembangkan multipel inteligen dan kecerdasan yang lebih luas dan tinggi.- stimulasi mental secara dini akan mengembangkan mental-psikososial anak seperti: kecerdasan, budi luhur, moral, agama dan etika, kepribadian,
  • Keterampilan berbahasa, kemandirian, kreativitas, produktifitas, dll

Selain ketiga kebutuhan dasar di atas, orang tua juga harus menganut pola asuh yang demokratik, mengembangkan kecerdasan emosional, kreativitas, kemandirian, kerjasama, kepemimpinan, serta moral spiritual anak. Selain di stimulasi, jangan lupa berikan segiatan SDIDTK lainnya ya. Semoga bermanfaat.