Home » Tips Langgeng Walaupun Hadapi Hubungan LDR Sama Pasangan
Relationship

Tips Langgeng Walaupun Hadapi Hubungan LDR Sama Pasangan

Cinta dan kasih sayang memang tak perlu memandang jarak dan juga waktu. Hubungan jarak jauh menurut istilah yang lebih kekinian biasanya dikenal sebagai hubungan LDR atau long distance Relationship memang kadang terpaksa harus dilakukan. LDR terjadi biasanya karena ada urusan pendidikan atau pekerjaan yang harus dijalani oleh pelakunya. Banyak orang berpendapat bahwa hubungan LDR tak akan awet karena kurangnya intensitas tatap muka dengan pasangan.

Menjalani hubungan dari jarak jauh terkadang membuat beberapa orang merasa berbeda. Banyak kecemasan yang muncul karena hubungan LDR bisa memicu pelaku yang menjalaninya tak bersikap positif. Nah, untuk kamu yang mungkin akan menjalani hubungan jarak jauh, di bawah ini kami akan berikan beberapa tips hubungan langgeng ldr untukmu.

1. Jujur dan Terbuka Satu Sama Lain

Jujur dan Terbuka Satu Sama Lain

Menjalani hubungan jarak jauh seringkali membuat komunikasi menjadi tak intens serta terbatas. Hal ini tentu saja akan menjadi hal yang sia – sia jika waktu yang tersedia untuk berkomunikasi tak bisa dimanfaatkan untuk bersikap jujur serta terbuka dengan pasangan. Keterbatasan waktu untuk berkomunikasi ada baiknya dimanfaatkan untuk saling jujur serta terbuka satu sama lain. Dengan begitu, kamu dan pasangan pasti akan lebih menghargai waktu yang kamu miliki bersama. Apalagi, kalau sudah sampai ketahuan pernah berbohong sekali, wah, sudah pasti pasanganmu bakal sulit banget kalau mau percaya lagi sama kamu. Jadi, kalau sudah diberikan kepercayaan, dijaga baik – baik ya.

2. Yakin Dengan Hubungan dan Ikatan Emosional Pasangan

Yakin Dengan Hubungan dan Ikatan Emosional Pasangan

Salah satu cara untuk menjaga hubungan LDR adalah dengan yakin dan percaya atas hubungan serta ikatan emosional dengan pasangan kamu. Sama seperti mempunyai visi dalam hidup, menjalani suatu hubungan juga pasti perlu mempunyai visi. Tanpa tujuan akhir yang jelas, suatu hubungan tak akan bisa berjalan dengan lancar. Coba bayangkan kalau kamu tak punya tujuan yang jelas di akhir, kamu mungkin tak akan bisa memiliki keyakinan akan hubunganmu. Kunci dalam menjalani hubungan jarak jauh adalah memiliki keyakinan ekstra serta tujuan akhir yang jelas agar bisa bertahan satu sama lain. Kalau kamu dari awal sudah gak yakin, udah deh mending gak usah dilanjutin lagi lebih jauh. Karena, kamu sendiri lah yang bakal nyakitin diri kamu sendiri.

3. Berempati dan Memberi Saran Saat Pasangan Membutuhkan

Berempati dan Memberi Saran Saat Pasangan Membutuhkan

Berikanlah effort lebih untuk pasanganmu. Jika perbedaan zona waktu menjadi halangan, kamu harus mencoba melakukan lebih banyak effort dan tetap konsisten menghubungi pasangan walaupun kamu harus bangun lebih pagi sekalipun. Walau terpisah oleh jarak dan waktu sekalipun, kasih sayang selama menjalani LDR tak boleh berkurang. Kamu bisa menunjukkannya dengan berbagai cara yang berbeda, seperti membuatkan video, membelikan hadiah secara online, atau mungkin menghampirinya diam – diam. Jangan cepat menyerap cuma karena kalian terpisah oleh jarak. Kalau benar sayang pasti akan selalu cari jalan. Nah loh, kalian benar sayang gak?

4. Percaya Pada Pasangan

Percaya Pada Pasangan

Terpisah dari pasanganmu mungkin tak mudah, apalagi kalau sampai beda negara dan zona waktu. Hal ini bisa menimbulkan rasa takut, cemas, serta tak percaya dengan pasanganmu. Namun, saat menjalani hubungan LDR, ini saatnya kamu berusaha percaya pada pasanganmu. Kalau kamu memiliki rasa curiga atau mendengar informasi yang belum tentu benar, kamu wajib mencari tahu dulu faktanya sebelum kamu membuat keputusan atau memberikan respon pada pasanganmu. Nah, kalau kamu mau dipercaya sama pasanganmu, kamu juga harus bisa percaya sama dia. Percaya satu sama lain dipastikan bakal banyak mengurangi masalah antar pasangan.

5. Menjaga Hubungan dengan Keluarga dan Teman Pasangan

Menjaga Hubungan dengan Keluarga dan Teman Pasangan

Cara hubungan LDR bertahan lama bisa kamu terapkan dengan cara menjaga hubungan dengan keluarga dan teman pasanganmu. Bukan hanya berfokus pada pasangan namun kamu juga harus tetap menjalin komunikasi dan hubungan baik bersama keluarga serta teman pasanganmu. Hal ini bertujuuan agar pasanganmu menilai bahwa kamu bersungguh – sungguh dalam menjalani hubungan ini dan bukan fokus pada dirinya saja, melainkan terus berusaha meraih kepercayaan dari keluarga serta teman dekatnya. Dekat sama orang – orang di sekitar mereka juga bisa ngebantu kamu buat tahu lebih banyak hal tentang pasangan kamu loh. Jadi, kalau mau ngunjungin dia atau kalau mau kasih doi kado, kamu sudah tahu kapan kamu bisa datang dan kado apa yang bisa kamu kasih ke doi.

6. Pahami Pasangan

Pahami Pasangan

Menjalani hubungan LDR membutuhkan rasa saling memahami yang sangat besar. Saat menjalani LDR, pasti tak jarang akan muncul masalah – masalah yang kecil yang sebenarnya bisa dengan mudah diatasi namun malah memicu pertengkarang hebat. Karena itulah, penting bagi dirimu dengan pasanganmu dan tanamkan dalam diri kamu masing – masing untuk menumbuhkan rasa saling memahami. Kalau saling memahami saja masih sulit, jangan harap deh hubungan kamu bakal langgeng dan bebas dari pertengkaran, sudah pasti hubungan kamu dan pasangan bakal jadi sering cek cok dan banyak masalah yang dateng ke kalian. Ga memungkinkan juga loh si doi bakal cari orang lain yang lebih memahami dia.

7. Sering Berikan Apresiasi dan Motivasi

Sering Berikan Apresiasi dan Motivasi

Keputusan kuliah maupun bekerja bisa menjadi alasan kamu terpisah oleh jarak. Mungkin dari luar kelihatannya sibuk membangun masa depan sendiri, padahal sebenarnya tujuannya untuk kebahagiaan bersama nantinya loh. Karena itulah, peran satu sama lain untuk memberikan dukungan di sini sangat penting. Kamu harus saling memotivasi sebagai penyemangat di sela – sela aktivitas mereka. Rendam dulu egomu dan berikan pengertian berupa dukungan serta motivasi. Dukung semua usaha serta kegiatannya agar mereka merasa nyaman dan buat mereka yakin kalau kamu juga memiliki visi dan misi yang sama dengan mereka. Apalagi kalau kamu perempuan, pasangan laki – laki biasanya lebih haus apresiasi. Mereka mau merasa kuat dan berguna buat kamu. Makanya, sering – seringlah kasih aprsiasi buat doi ya!

8. Jangan Takut Minta Maaf

Jangan Takut Minta Maaf

Jangankan pasangan yang LDR, pasangan yang setiap hari ketemu saja bisa bertengkar karena urusan receh. Kalau sudah dipisahkan oleh jarak dan waktu, jangan pernah jadikan masalah kecil jadi pemicu pertengkaran. Karena, hal kecil saja bisa membuat dia marah sampai berminggu – minggu loh. Sebelum salah ucap, sebaiknya kamu mengkomunikasikan perasaanmu dengan benar. Sadarlah untuk mengalah dan minta maaf. Jangan sampai kamu malah kehilangan waktu yang berharga bareng doi mu karena pertengkaran kecil. Padahal, dengan minta maaf masalah bisa selesai.

Jangan pernah merasa sungkan dan merasa kalah jika kamu minta maaf duluan. Saat LDR, kamu harus bisa mengontrol dan menurunkan ego mu dan melihat masalahnya ada di mana. Kalau kamu memang salah, minta maaf. Kalaupun dia yang salah, berikan pengertian pelan – pelan dan jangan marah balik.

9. Beri Kejutan

Beri Kejutan

Walaupun kamu tak bisa memberikan kado secara langsung, tak masalah. Karena, saat ini zaman sudah canggih, kamu bisa memberikan mereka kejutan lewat belanja online. Coba kejutkan mereka dengan cara mengirim kado, makanan, atau bunga. Kamu tak perlu menunggu momen perayaan apapun, kejutan random juga bisa membuat rasa sayang mereka semakin besar dan ingat denganmu. Memberikan kejutan bisa menjadi salah satu cara agar pacar semakin sayang dan perhatian. Karena, perhatian se kecil apapun akan membuat mereka merasa spesial. Apalagai, kalo kamu beliin barang yang pas banget lagi mereka butuhin. Cara taunya? Ya tanya aja teman – teman dekatnya.

10. Jelaous Gak Masalah Asal Gak Lewat Batas

Jelaous Gak Masalah Asal Gak Lewat Batas

Alasan bertengkar yang paling umum terjadi saat menjalani LDR adalah miskomunikasi. Saat pasangan tidak membalas pesan dengan cepat, pikiran bisa langsung lari kemana – mana. Apalagi kalau dia habis posting makan siang bareng teman – temannya. Mungkin bisa menimbulkan cemburu. Cemburu sebenarnya tidak salah. Cemburu merupakan bumbu – bumbu asmara. Memiliki rasa cemburu dengan takaran yang sesuai bisa membuat hubungan langgeng. Namun, ingat, namanya bumbu semua harus secukupnya.

Jangan sampai kamu jealous berlebihan. Tetap percaya pada mereka untuk menghilangkan pikiran negatif. Hal ini juga bisa dijadikan sebagai momen untuk belajar jadi lebih dewasa. Saat cemburu, coba pikirkan hal – hal menyenangkan yang sudah kamu lewati bersama. Jika memang ia melakukan kesalahan, coba bicarakan baik – baik. Beritau dia kalau kamu sedih kalau liat dia seperti itu. Kalau dia emang tepat buat kamu, dia pasti gak bakal lakuin itu lagi kok!

Itulah beberapa tips menjalani hubungan LDR yang bisa kamu coba terapkan. Memang sih, hubungan LDR sangat sulit untuk dijalani. Namun, bukan berarti tidak bisa sama sekali. Karena, dengan cara – cara di atas Kamu juga bisa loh menjalani LDR. Selain itu, jangan mudah menyerah akan keadaan juga ya, percaya deh, hubungan LDR yang berhasil pasti bakal indah banget di akhir nanti. Semoga bermanfaat.