Home » 8 Cara Menyapih Anak Dengan Mudah dan Menyenangkan Untuk Anak
Parenting

8 Cara Menyapih Anak Dengan Mudah dan Menyenangkan Untuk Anak

Cara menyapih anak adalah salah satu fase yang harus dilakukan sesudah melewati tahapan ASI eksklusif. Di periode ini, sama seperti fase lainnya, merupakan tantangan untuk para orangtua. Karena itulah, tak heran kalau banyak orang tua yang mencari cara supaya proses menyapih anak bisa berjalan dengan lebih lancar dan mudah.

Menyapih juga diperlukan supaya si kecil siap untuk memulai mengonsumsi makanan padat maupun minum susu formula. Biasanya, ada 2 hal yang bisa dilakukan sebagai cara untuk menyapih anak, yaitu cara konvensional dan baby led weaning atau BLW.

Tak semua orangtua harus mengikuti cara menyapih anak yang sama. Karena, ada pula berbagai faktor yang akan mempengaruhi sesuai dengan kondisinya. Walau begitu, masih ada garis tengah yang bisa diambil sebagai panduan para orang tua yang akan mulai mengikuti cara menyapih anak untuk pertama kali.

Sebelum melakukan cara menyapih anak dari Asi, kalian juga harus tahu tanda – tanda si kecil sudah mau mulai menyapih. Yaitu terlihat tak mau menyusu atau rewel saat disusui, waktu menyusu jadi lebih singkat, anak lebih mudah teralihkan saat menyusu, bermain – main dengan payudara ibunya seperti menarik atau menggigit, lalu hanya menyusu untuk mendapatkan rasa nyaman seperti menhisap putting namun tak sampai mengeluarkan susu.

Lalu, bagaimana sih cara menyapih anak agar tidak rewel? Yuk simak di bawah ini.

1. Tunda Waktu Menyusui dan Berikan Pengalih

Tunda Waktu Menyusui dan Berikan Pengalih

Kalian bisa menunda proses menyusui secara bertahap. Cara menyapih anak ini adalah dengan mengurangi intensitas menyusui dalam sehari. Metode ini biasanya akan berhasil dengan baik jika usia anak sudah bisa diajak bernegosiasi.

Jika anak meminta untuk menyusu, cobalah katakan padanya, kalian juga akan memberikannya nanti. Lalu, mulailah ajak anak kalian melakukan kegiatan lain untuk mendistrak mereka. jika anak minta untuk menyusu di sore hari, berikanlah pengertian pada mereka, kalian baru bisa memberikannya saat malam hari sebelum tidur.

2. Lakukan Perlahan

Lakukan Perlahan

Cara menyapih anak dari ASI akan terasa lebih mudah kalau dilakukan perlahan – lahan atau secara bertahap. Jadi, kalian sebaiknya mengurangi frekuensi atau membuat anak berhenti menyusu secara tiba – tiba. Berikan dia waktu selama beberapa minggu atau bulan.

Kalau akan menghentikan pemberian ASI secara mendadak dasn tiba – tiba, ada baiknya kalian hanya lakukan di saat tertentu saja sesuai dengan kondisi si kecil serta kondisi kalian juga saat ingin menyapih anak.

3. Beri Beberapa Tetes ASI Saat Minum Melalui Botol

Beri Beberapa Tetes ASI Saat Minum Melalui Botol

Untuk memudahkan proses menyapih, kalian juga bisa mencoba memberikan beberapa tetes ASI ke bibir atau lidah anak sebelum mereka minum susu dari botol susu mereka. ini untuk mengenalkan mereka pada botol susu.

Selain itu, kalian juga bisa mencoba memberikan sedikit ASI memakai butul untuk si kecil sesudah ia menyusu langsung setelah beberapa jam. Tetapi, tetap perhatikan waktunya serta berikan sebelum ia merasa kelaparan.

4. Kenalkan Cara Minum Dengan Gelas

Kenalkan Cara Minum Dengan Gelas

Mengenalkan minum dengan gelas merupakan cara mudah menyapih anak yang bisa dilakukan oleh siapapun. Mengenalkan gelas dibandingkan dengan botol akan sangat memudahkan. Apalagi, jika anak yang diberikan ASI secara langsung biasanya lebih mudah belajar minum dari gelas.

Namun, hal ini hanya bisa dimulai untuk bayi yang usianya sudah memasuki 6 bulan. Jadi, jika anak kalian masih belum mencukupi umurnya, sebaiknya gunakan cara yang lain agar mereka bisa lebih nyaman dan tidak tersedak.

5. Gendong si Kecil Dengan Cara Berbeda

Gendong si Kecil Dengan Cara Berbeda

Cara menyapih yang satu ini gunanya adalah agar si kecil tak rewel jika teringat mau menyusui. Posisi gendingan yang direkomendasikan adalah gendong punggung atau gendong depan seperti kalian dan si kecil saling berpelukan.

Tetapi, sebetulnya hal yang paling penting adalah menghindari menggendong bayi dengan posisi yang sama seperti saat kalian sedang menyusui mereka. karena, hal ini pasti akan membuat di bayi ingat akan menyusu dan menjadi rewel.

6. Lewati Jadwal Menyusu

 Lewati Jadwal Menyusu

Lihatlah reaksi anak ketika kalian mengganti asi dengan susu formula atau susu sapi cair jika anak sudah berusia 1 tahun saat jadwal menyusunya. Melewatkan jadwal pemberian ASI secara bertahap bisa membantu anak untuk menyesuaikan diri dengan kebiasaan baru mereka.

Selain itu, cara ini juga bisa membantu produksi ASI kalian berkurang sedikit demi sedikit. Karena itulah, kalian akan bisa terhindar dari kondisi seperti mastitis ataupun pembengkakan payudara yang biasanya dialami oleh ibu menyusui.

7. Kurangi Aktivitas Menyusui Saat si Kecil Akan Tidur

Kurangi Aktivitas Menyusui Saat si Kecil Akan Tidur

Cara menyapih anak bisa dilakukan dengan cara membuat bayi merasa nyaman sebelum mereka tidur. Kalian bisa memberikan pengalihan yang menenangkan mulai dari membacakan mereka dongeng, menyetel musik, hingga mendekap mereka.

Ketiga hal itu dipercaya akan membuat si bayi tidur lebih cepat dan hal ini bisa membuat bayi lupa sehingga tak perlu menyusu lagi di malam hari dan tak akan mengganggu jam tidur kalian sebagai orang tua juga.

8. Perpendek Waktu Menyusu

Perpendek Waktu Menyusu

Cara menyapih anak umur 2 tahun adalah dengan memperpendek waktu si kecil untuk menyusu. Jika biasanya anak menyusu selama 10 menit, maka kali ini coba perpendek saja menjadi hanya 5 menit.

Pilihan cara menyapih anak yang bisa kalian lakukan adalah dengan memberikan kudapan yang sehat untuk anak sesudah menyusu. Makanan yang dipilih juga biasanya sesuai dengan umurnya. Namun, cara ini mungkin akan sedikit sulit dilakukan di malam hari, sebelum anak tidur.

Cara menyapih anak dilakukan supaya mereka bisa lebih bersiap untuk mengonsumsi makanan padat maupun susu formula. Saat mengikuti cara menyapih anak elwat ASI, hal paling penting adalah dengan mengalihkan perhatian bayi supaya tak teringat untuk menyusu. Tetapi, pastikan kalian menyapih mereka tanpa memaksa. Semoga bermanfaat.