Home » 10 Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar, Orangtua Harus Tahu!
Parenting

10 Cara Mendidik Anak Yang Baik dan Benar, Orangtua Harus Tahu!

Semua orangtua pasti selalu mengharapkan agar anak – anaknya bisa tumbuh dengan sifat dan karakter yang baik. Misalnya ramah, sopan, bertanggung jawab, dan lain – lain. Hal ini sebenarnya bisa ditentukan sendiri oleh orang tua.

Cara kalian sebagai orang tua dalam mendidik anak serta membimbing mereka juga bisa membentuk sikap mereka. Dan ini akan dibawah sampai mereka dewasa nantinya. Pentingnya pendidikan karakter anak ini mengharuskan kalian mengajarkan hal – hal yang positif pada anak.

Ada berbagai hal penting yang perlu kalian berikan pada anak kalian selagi kecil. Kalian harus mendidik anak – anak dengan kasih sayang, jujur, dan penuh tanggung jawab. Nah, untuk kalian yang akan menjadi calon orang tua, di bawah ini kami akan berikan 10 cara mendidik anak dengan baik.

1. Perkenalkan Pada Konsekuensi

Perkenalkan Pada Konsekuensi

Salah satu cara mendidik anak agar patuh dengan peraturan adalah dengan memperkenalkannya pada konsekuensi. Setiap tindakan selalu membawa konsekuensinya masing – masing. Perbuatan yang baik akan membuahkan hasil yang baik. Begitu juga sebaliknya.

Anak – anak sejak kecil sebaiknya paham tentang hal itu. Orangtua juga perlu menetapkan beberapa konsekuensi atau sanksi jika anak – anak melanggar aturan yang sudah ditetapkan. Misalnya mereka harus membantu kalian membersihkan rumah saat mendapatkan nilai ujian yang jelek.

Pemberian konsekuensi ini sebaiknya tak dilakukan dengan ancaman serta tindak kekerasan. Karena tidakan tersebut malah akan membuat anak merasa diatur terus – terusan oleh orang tua mereka. Padahal, kita hanya mau mendidik mereka.

2. Tumbuhkan Kasih Sayang

Tumbuhkan Kasih Sayang

Kasih adalah salah satu nilai terpenting yang harus anak – anak punya. Secara alamiah, anak – anak memang akan menumbuhkan sikap mereka dalam mencintai, murah hati, serta penuh dengan kasih sayang. Namun, orang tua tetap wajib membantu mereka menumbuhkannya.

Cara yang paling sederhana adalah dengan menunjukkan betapa kalian mencintai anak kalian. Kalian bisa menyatakan kasih sayang kepada mereka melalui hal – hal yang sederhana misalnya memperhatikan kebutuhan mereka, memberikan pelukan, hingga meluangkan waktu bersama anak.

Tunjukkan kasih sayang kepada anak kalian sehingga mereka bisa belajar cara menunjukkan kasih sayang mereka juga serta bisa menerapkannya kembali ke orang – orang yang ada di lingkungan sekitar mereka. Hal ini akan membuat anak kalian tumbuh sebagai pribadi yang penuh kasih terhadap sesama.

3. Tumbuhkan Rasa Semangat dan Rajin

Tumbuhkan Rasa Semangat dan Rajin

Sifat rajin serta bersemangat yang dipunyai oleh anak – anak bisa membantu mereka dalam melakukan berbagai kegiatan dengan maksimal. Aktivitas yang dilakukan dengan penuh semangat akan membuat anak kalian semakin rajin dalam menekuninya.

Belajar serta mengerjakan tugas dengan rajin membuat hal itu tak terasa berat serta lebih cepat terselesaikan. Dikap inilah yang perlu anak – anak punya dalam kegiatan belajar mereka agar bisa meraih prestasi yang membanggakan.

Orangtua bisa memberikan dukungan serta perhatikan agar membuat anak – anak kalian tetap bersemangat dalam belajar serta memperjuangkan apa yang mereka cita – citakan selama mereka kecil hingga besar nanti.

4. Biasakan Mereka Bersifat Jujur

Biasakan Mereka Bersifat Jujur

Cara mendidik anak yang baik dan bersikap jujur mungkin bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Namun, sebenarnya tidak sulit juga. Kejujuran sendiri merupakan nilai kehidupan mendasar yang harus anak – anak pegang sejak kecil.

Sedari kecil, mereka harus dibiasakan bersikap jujur dalam perkataan mereka, perbuatan, hingga perilaku mereka. Anak yang jujur bisa mampu mengakui kebenaran walaupun terkadang hal itu berarti mereka akan menerima konsekuensi dan hukuman.

Orangtua bisa membiasakan anak bersikap jujur dengan cara memberikan kepercayaan serta pujian kepada mereka. Orangtua juga perlu memberikan contoh sikap yang jujur serta tak berbohong di hadapan anak – anak.

5. Mulai Kenalkan Mereka Pada Sifat Adil

Mulai Kenalkan Mereka Pada Sifat Adil

Bertindak dengan adil memang sangat penting. Sayangnya, tak semua orang bisa melakukan hal tersebut dengan baik karena masih ada saja orang – orang yang memposisikan kepentingannya lebih diatas orang lain.

Sikap adil ada baiknya mulai diperkenalkan sejak masih anak – anak. Kalian bisa mengenalkan sikap adil dengan tak memberikan label pada anak. Namun, berikan mereka penjelasan tentang sikap yang adil serta perlakukan mereka dengan seperti itu.

Anak – anak harus diperlakukan dengan adil dengan tak membedakan mereka dengan kakak atau adiknya. Ini akan membantu anak untuk memahami tindakan adil serta terbiasa melakukannya di luar lingkungan rumah.

6. Tumbuhkan Sikap Menghargai Orang Lain

Tumbuhkan Sikap Menghargai Orang Lain

Sebelum anak – anak berinteraksi serta berkenalan dengan bermacam – macam orang yang ada di lingkungan masyarakat, maka mereka sebelumnya harus tahu dulu cara menghargai orang lain. Cara mengajarkannya bisa dari rumah saja.

Sejak kecil, anak memang perlu ditanamkan pentingnya menghargai orang lain serta tak bersikap egois. Si anak juga tak bisa selalu memaksakan kehendak mereka. Mereka juga harus melihat kebutuhan serta kondisi orang – orang di sekitar mereka.

Anak kalian bisa memulainya dengan cara belajar menghormati anggota keluarga, terutama pada mereka yang lebih tua. Biasakan pula mereka untuk memberikan salam, berbicara dengan sopan, hingga menawarkan diri saat ada orangtua atau saudara yang membutuhkan bantuan.

7. Ajarkan Untuk Menjaga Lingkungan

Ajarkan Untuk Menjaga Lingkungan

Kita semua sudah tahu apa akibatnya jika kita tak menjaga lingkungan dengan baik. Misalnya bisa menimbulkan polusi ataupun banjir. Karena itulah kenapa anak – anak harus dibiasakan untuk menjaga lingkungan mereka.

Berikan mereka contoh – contoh yang sederhana dalam menjaga lingkungan seperti membuang sampah pada tempatnya. Kalian juga bisa mengajak anak kalian menanam tanaman atau bunga di kebun, ini bisa membuat lingkungan lebih terlihat asri dan indah.

Biasakan pula mereka untuk membatasi penggunaan botol plastik karena bisa menyebabkan sampah yang sulit di daur ulang. Ajak mereka untuk selalu membawa botol minum isi ulang saat mereka inign berpergian.

8. Tumbuhkan Rasa Tanggung Jawab

Tumbuhkan Rasa Tanggung Jawab

Sampai sekarang anak – anak pastinya tak akan merasa mempunyai tanggung jawab yang besar. Sebagai orang tua, kita pasti harus selalu memastikan kepenuhan serta kelancaran hidup mereka dengan sangat baik. Namun akan menjadi sangat berbeda saat mereka sudah dewasa nanti.

Cara mendidik anak yang benar agar bertanggung jawab adalah seperti mengajak mereka terlibat dalam menentukan keputusan dalam keluarga seperti misalnya dengan membiarkan mereka memilih kegiatan akhir pekan.

Kalian juga bisa memberikan tugas – tugas yang sederhana seperti melatih tanggung jawab si anak. Misalnya membiasakan mereka merapikan kamar mereka sendiri, menyiapkan perlengkapan sekolah sendiri, atau ikut membantu membersihkan rumah bersama kalian.

9. Beri Kesempatan Bersosialisasi

Beri Kesempatan Bersosialisasi

Bantu anak kalian bersosialisasi dengan cara memberikan mereka kesempatan untuk bergaul dengan anak lainnya. Kalian bisa berpartisipasi dalam komunitas orang tua dari teman sekelas kalian. Namun, tetap kalian harus bisa membatasi diri dan tak terlalu mengontrol pertemanan anak.

Orang tua juga tak disarankan langsung menengahi anak saat bermain dengan temannya. Ada baiknya supervisi dilakukan dari jarak jauh serta ajak anak kalian berdiskusi tentang sesi bermainnya tanpa mengkritik.

Tiap kesempatan sosialisasi yang kalian ciptakan akan menjadi ajang pelatihan keahlian sosial yang baik untuk sang buanh hati, perhatikan gerak – gerik anak sambil mempelajari cara untuk semakin memantapkan kemampuan mereka dalam bergaul.

10. Mendidik Anak Bersikap Sopan

Mendidik Anak Bersikap Sopan

Siapa sih yang tak senang jika bertemu dengan anak yang mau menunjukkan sikap yang sopan? Sikap sopan memang sangat harus dipunyai oleh anak – anak karena ini akan menjadi cerminan diri yang baik untuk anak kalian.

Sikap sopan ini perlu dibentuk dari lingkungan rumah. Kalian juga tak perlu jauh – jauh, biasakan anak bersikap sopan pada papa, mama, kakak, bahkan dengan adik mereka juga karena sopan bukan hanya untuk orang yang lebih tua saja.

Anak yang terbiasa memberikan salam saat bertemu dengan orang lain, mengucapkan permisi saat ignin lewat, mengucapkan terimakasih saat menerima sesuatu, juga mau meminta maaf saat melakukan hal yang tak baik. Anak – anak akan terbiasa mempunyai sikap yang sopan saat mereka selalu melakukan hal itu.

Dalam membesarkan anak memang bukan hanya memperhatikan pertumbuhan mereka saja namun juga harus memperhatikan cara mendidik mereka agar jadi anak yang berguna dan memilih kalan yang baik dan benar. Kalian tak perlu terlalu terburu – buru mengajari mereka. Cukup pelan – pelan saja karena tak semua orang bisa dengan cepat memahami cara mendidik yang diterapkan oleh orang tua mereka. Semoga bermanfaat.