Home » 10 Cara Berhenti Merokok Yang Ampuh dan Efektif
Gaya Hidup

10 Cara Berhenti Merokok Yang Ampuh dan Efektif

Bagi para perokok aktif, berhenti merokok merupakan tantangan yang cukup sulit untuk mereka. Karena, beberapa kandungan yang ada di dalam rokok bisa menimbulkan efek kecanduan sehingga memicu munculnya gehala putus nikotin saat seseorang berusaha berhenti merokok.

Namun, hal ini bukan berarti kalian tak bisa berhenti merokok sama sekali. Ada banyak cara yang bisa dilakukan jika kalian memang ingin berhenti. Nah, untuk membantu kalian, di bawah ini kami akan berikan beberapa cara berhenti merokok secara permanen. Yuk simak.

1. Libatkan Keluarga dan Teman Dekat

Libatkan Keluarga dan Teman Dekat

Salah satu cara cepat berhenti merokok adalah dengan memberi tahu keluarga serta kerabat dekat bahwa kalian sedang dalam proses berhenti merokok. Dengan memberi tahu mereka, maka mereka akan secara aktif membantu dan memberikan dukungan untuk kalian.

Mungkin tidak secara langsung, namun biasanya mereka akan selalu mengingatkan kalian tujuan kalian berhenti merokok dan mendorong kalian mencapai keinginan kalian tersebut.

2. Kelola Stress

Kelola Stress

Stress bisa menjadi salah satu alasan kenapa seseorang memilih untuk merokok. Beberapa kandungan nikotin yang ada di dalamnya bisa memberikan efek relaksasi dengan cepat. Walau begitu, beberapa penelitian membuktikan jika kebiasaan merokok jutsru bisa membuat seseorang lebih mudah mengalami stress.

Agar stress bisa reda, kalian perlu mengubah kebiasaan merokok secara perlahan dengan melakukan beberapa aktivitas yang menyenangkan, seperti mendengarkan musik, melakukan terapi pijat, atau meditasi. Selain itu, sebisa mungkin hindari juga situasi yang bisa mendatangkan stres.

3. Coba Terapi Pengganti Nikotin

Coba Terapi Pengganti Nikotin

Terapi pengganti nikotin biasanya punya tujuan untuk mengurangi rasa frustasi serta meredakan gejala putus obat yang seringkali dirasakan pada saat seorang perokok berusaha berhenti merokok. Beberapa media terapi pengganti rokok juga beragam.

Pengganti rokok tersebut adalah permen karet, tablet hisap, inhaler, sampai dengan semprotan hidung. Walaupun dianggap aman dan bisa mengurangi kecanduan akan rokok, namun kalian tetap disarankan untuk berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter sebelum melakukan terapi ini.

4. Menghindari Pemicu Kebiasaan Merokok

Menghindari Pemicu Kebiasaan Merokok

Saat kalian sedang melakukan berbagai cara agar berhenti merokok, sebisa mungkin hindari faktor – faktor ataupun kebiasaan yang bisa membuat kalian kembali merokok seperti minum kopi dan alkohol atau berkumpul dengan sesama perokok.

Jika kalian sudah terbiasa merokok setelah makan, kalian bisa mencari cara lain sebagai pengganti seperti misalnya mengunyah permen karet atau pun dengan menggosok gigi kalian agar mulut lebih terasa nyaman.

5. Menjalani Terapi Perilaku

Menjalani Terapi Perilaku

Konseling kepada psikolog atau konselor juga bisa membantu kalian dalam mengidentifikasi faktor pemicu kebiasaan merokok dan menemukan strategi berhenti merokok yang sesuai dengan kondisi kalian saat ini.

Untuk memaksimalkan keberhasilannya, terapi perilaku bisa kalian padukan dengan terapi pengganti nikotin serta pemberian obat – obatan oleh dokter.  

6. Konsumsi Makanan Sehat

Konsumsi Makanan Sehat

Perokok aktif biasanya sering merasa kurang berselera untuk makan karena nikotin yang ada di dalam rokok bisa mengurangi sensitivitas indra perasaan maupun penciuman. Penelitian juga menunjukkan bahwa makanan sehat seperti buah dan sayur bisa mengurangi hasrat untuk kembali merokok.

Selian itu, makanan sehat juga bisa memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh sekaligus mengembalikan selera makan yang berkurang karena merokok.

7. Coba Hipnoterapi

Coba Hipnoterapi

Terapi alternatif seperti hipnoterapi ternyata merupakan salah satu cara efektif untuk berhenti merokok karena beberapa orang sudah merasakannya walaupun secara ilmiah sebenarnya belum diketahui secara pasti.

Kalian bisa mencoba terapi ini namun ada baiknya kalian juga berkonsultasi terlebih dulu kepada dokter. Terapi ini merupakan terapi alternatif atau tambahan yang dilakukan untuk mengatasi keluhan maupun masalah kesehatan tertentu.

Hipnoterapi dianggap menjadi bagian dari psikoterapi karena seorang hipnoterapis akan mengeksplorasi pikiran, perasaan, atau ingatan menyakitkan yang Anda alami tetapi tersembunyi di dalam alam bawah sadar.

8. Olahraga Rutin

Olahraga Rutin

Selain bisa membuat tubuh kita lebih bugar dan sehat, olahraga juga bisa mengurangi kecanduan nikotin. Saat keinginan untuk merokok datang, kalian bisa mengalihkan keinginan ini dengan berolahraga seperti jalan santai, bersepeda, atau berenang.

Atau, kalian juga bisa melakukan olahraga – olahraga yang memang kalian sukai. Agar lebih asik dan tidak sepi, kalian bisa mengajak anggota keluarga atau teman baik kalian. Yang penting jangan dulu berkumpul dengan sesama perokok ya!

9. Lakukan Antisipasi Gejala Putus Nikotin

Lakukan Antisipasi Gejala Putus Nikotin

Cara untuk berhenti merokok lainnya adalah dengan melakukan antisipasi gejala putus nikotin. Saat mulai berhenti merokok, biasanya tubuh akan kekurangan nikotin. Hal ini akan memicu gejala putus nikotin yang ditandai dengan rasa nyeri, mual, gelisah, sakit kepala, mudah marah, dan emosional.

Orang yang akan berhenti merokok juga biasanya akan mengalami gejala batuk – batuk. Biasanya kondisi ini akan dialami dalam rentang waktu 12 – 24 jam setelah berhenti merokok dan secara bertahap akan mereda dalam waktu 2 – 4 minggu.

Saat melakukan hal ini, jangan pernah tergoda untuk kembali merokok walaupun kalian harus merasakan gejala yang mengganggu itu. Kalau tubuh sudah terbiasa bebas dari nikotin, maka gejala itu akan hilang dengan sendirinya.

10. Bersihkan Rumah Secara Teratur

Bersihkan Rumah Secara Teratur

Kebersihan rumah ternyata bisa menjadi salah satu faktor yang bisa mendukung kalian berhenti merokok loh. Kalian bisa mencuci pakaian, sprei, karpet, maupun tirai yang mengandung aroma rokok.

Kalian juga bisa menggunakan pengharum ruangan untuk menghilangkan bau asap rokok dan juga mengalihkan pikiran dari berbagai hal yang bisa mengingatkan kalian pada rokok, termasuk baunya.

Berhenti merokok memang bukanlah hal yang mudah dilakukan. Apalagi, untuk mereka yang merupakan perokok berat. Namun, jika memang tekad kalian sudah bulat, kalian bisa mulai dengan mengurangi banyaknya rokok yang kalian konsumsi per harinya dan perlahan – lahan melepaskan rokok. Semoga berhasil ya!